@thesis{thesis, author={Dr. Fauzi Muharom and Lestari Setyowati}, title ={KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA MTS NAHDLOTUL MUSLMAT KAUMAN SURAKARTA TAHUN 2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1525/}, abstract={Dalam upaya meningkatkan mutu madrasah, kepala madrasah harus menciptakan sebuah visi yang mendorong staf dan semua komponen individu yang terkait dengan madrasah untuk bersama-sama berkoordinasi untuk mencapai tujuan dan kemajuan madrasah. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan transformatif kepala MTs Nahdlotul Muslimat Kauman Surakarta khusunya dalam mutu madrasah. Untuk meningkatkan kualitas madrasah maka lembaga harus bisa memberikan kontribusi signifikan dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di MTs Nahdlotu Muslimat Kauman Surakarta dari bulan Juli dan berakhir September 2017. Subyek penelitian adalah kepala Madrasah dan informan dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, TU, guru dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan yang dipakai trianggulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model interaktif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan analisa data peneliti dapat menyimpulkan bahwa kepala madrasah di MTs Nahdlotul Muslimat Kauman Surakarta adalah pemimpin yang transformasional, indikatornya adalah mutu yang dicapai madrasah saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kepemimpinan Transformatif yang dapat dilakukan kepala madrasah sebagai berikut: 1. Memberikan pengaruh yang kuat hal ini terlihat ketika rapat secara formal maupun informal, 2. Memotivasi guru dan karyawan dalam menjalankan tugasnya hal ini terlihat dari kepalv madrasah berupaya meningkatkan kualitas tenaga pendidikan/guru untuk seminar, pelatihan maupun workshop, 3. Melengkapi segala perlengkapan madrasah, kepala madrasah berupaya menjalin komunikasi dengan tata usaha untuk selalu menyediakan kelengkapvn belajar mengajar 4. Kerjasama yang baik dengan guru dan karyawan, kepala madrasah menjalin komunikasi dengan guru dan staf diruang kantor dan berpartisipasi ketika ada yang terkena musibah 5. meningkatkan mutu dan pengetahuan bagi guru dan karyawan hal ini seperti mengikut sertakan guru pelatihan dan untuk melanjutkan pendidikan sehingga kepala madrasah dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya. Quality In an effort to improve the quality of madrasah, the head of the madrasah should create a vision that encourages staff and all individual components associated with madrasah to jointly coordinate to achieve the goals and progress of the madrasah. In this study aims to find out the transformative leadership of MTs Nahdlotul Muslimat Kauman Surakarta especially in madrasah quality. To improve the quality of madrasah, the institution must be able to make a significant contribution in education. The method used in this research is descriptive qualitative. The place of research was conducted at MTs Nahdlotu Muslimat Kauman Surakarta from July and ending September 2017. The research subjects are head of Madrasah and informant in this research is waka curriculum, TU, teacher and parents. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. While the technique of data validity used that used source triangulation. The data collected were analyzed by using interactive model including: data collection, data reduction, data presentation and conclusion. After analyzing the data, the researcher can conclude that the head of madrasah in MTs Nahdlotul Muslimat Kauman Surakarta is transformational leader, the indicator is the quality of the current madrasah. The results show that in leadership Transformatif that can be done by head of madrasah as follows: 1. Give strong influence, this happened during formal and informal meeting 2. Motivating teacher and employee in performing its duties such as include teacher and staff for training, workshop, seminar , 3. complete all madrasah equipment, head of madrasah cooperate with business effort to prepare instructional needs 4. Good cooperation with teachers and employees, headmaster coordinate with teacher and staff for all activities 5. improve quality and knowledge for teachers and employees by giving opportunity to continue education so that the head of madrasah can perform its duties in accordance with its function.} }