@thesis{thesis, author={Dra. Hj. Ani Sofiyani and Siti Nur kasanah}, title ={PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN BTN BATARA iB PADA BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH SURAKARTA}, year={2016}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/365/}, abstract={ABSTRACT The objective of this research is to know the effect of service quality comprising dimension of tangible, Reliability,Responsiveness, Empathy and Assurance toward the loyalty of the customers of Batara iB in Bank Tabungan Negara (BTN). The sample in this research are the customers of BTN Syariah of Surakarta especially the user of Batara iB savings. The researcher used questionnaire to collect the informations from the respondent, meanwhile the sample in this research are 99 customers which were taken through simple random sampling. This research used doubled regression as a method to analysis and the analysis tool is SPSS 16.0 for windows.Based on the research finding, it was identified that tangible has a significant effect toward the loyalty of the customers of BTN Batara iB, it can be seen from the number of tobtained : 3,501 where 0,000. An the signifikan Reliability with tobtained : 2,145 and the signification score 0,002. Responsiveness with tobtained : 4,602 and the signification score 0,000. Emphaty wiht tobtained : 3,098 and the signification score 0,003. Assurance with tobtained : 2,629 and the signification score 0,001. Keywords: Service quality, customer loyalty. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi bukti fisik, kehandalan , daya tanggap, empati dan jaminan terhdap loyalitas nasabah tabungan Batara iB pada Bank Tabungan Negara. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah BTN Syariah Surakarta menggunakan tabungan Batara iB. Penulis menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan informasi dari responden, sedangkan sampel penelitian ini 99 nasabah dan menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dengan alat analisis SPSS 16.0 for windows.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan BTN Batara iB, hal ini ditunjukkan dari nilai thitung 3,501 dan nilai signifikasinnya 0,000. Kehandalan dengan nilai thitung 2,145 dan nilai signifikasinya 0,002. Daya tanggap dengan nilai thitung 4,602 dan nilai signifikasinya 0,000. Empati dengan nilai thitung 3,098 dan nilai signifikan 0,003. Jaminan dengan nilai thitung 2,629 dan nilai signifikasinya 0,001. Kata kunci :kualitas pelayanan, loyalitas nasabah.} }