@thesis{thesis, author={Dr. Baidi and Drs. Sukirman and Dwi Darmanto}, title ={MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH DINIYAH (MADIN) AL ISTIQOMAH, PUCANGAN, KARTASURA TAHUN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/517/}, abstract={ABSTRAK Dwi Darmanto, (26.09.3.1.069). Manajemen Tenaga Pendidik Di Madrasah Diniyah (Madin) Al Istiqomah Pucangan Kartasura. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta, Juli 2016 Pembimbing 1 : Drs. Sukirman, M.Ag 2 : Dr. Baidi, M.Pd Kata Kunci : Manajemen Tenaga Pendidik Madrasah Diniyah. Banyak sekali Madrasah Diniyah yang di kelola alakadarnya, terutama dalam pengelolaan tenaga pendidik dalam lembaga tersebut, sehingga banyak Madrasah Diniyah yang mati. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai Manajemen Tenaga Pendidik di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Pucangan Kartasura. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 3 (tiga) orang informan yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan bahwa pihak-pihak yang bersangkutan merupakan sumber yang paling mengetahui tentang kondisi manajemen pendidik di Madin Al Istiqomah. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madin Al Istiqomah, sekertaris Madin dan seorang pendidik Madin Al Istiqomah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam,Observasi dan analisis dokumen Dalam teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data untuk mengecek balik derajat kepercayaan dari informasi yang diperoleh. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Belunm adanya perecanaan sistematis, terkait perencanaan tenaga pendidik. (2) Perekrutan dan penempatan pendidik di Madin Al Istiqomah dilaksanakan dengan sistem kekeluargaan serta bersifat informal. Pengelola hanya melakukan musyawarah untuk menentukan individu-individu yang layak untuk direkrut menjadi pendidik tanpa menyelenggarakan ujian-ujian tertentu bagi calon pendidik. (3) Tujuan utama dari pemberian kompensasi bagi pendidik di Madin Al Istiqomah bukanlah untuk menarik pegawai yang berkualitas, memotivasi kinerja maupun membangun komitmen, melainkan sebagai salah satu wujud penghargaan dan ucapan terima kasih dari pihak pengelola kepada para pendidik. (4) Proses pembinaan pendidik di Madin Al Istiqomah belum maksimal dilaksanakan karena belum dilaksanakan secara sistematis, seperti melakukan identifikasi terhadap kesulitan serta masalah-masalah yang dialami oleh pendidik. (5) Pengelola Madin Al Istiqomah tidak menetapkan aturan baku mengenai pelepasan atau pemberhentian pendidik, seperti kriteria pendidik yang harus dilepas atau diberhentikan, pemberhentian pendidik hanya dilakukan apabila pendidik yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri. (6) Penilaian kinerja pendidik didasarkan pada hasil nilai semester peserta didik, belum ada sistem penilaian secara ter struktur dengan adanya cekchlist atau angket. Keywords: Management Diniyah Madrasah Educators. Lots Madrasah alakadarnya Diniyah in governance, especially in the management of educators in the institution, so many Madrasah Diniyah dead. This study aimed to obtain information on the Management of Teachers in Madrasah Al Istiqomah Pucangan Diniyah Kartasura. The approach in this study is qualitative descriptive. Subject of the study consisted of three (3) informant assigned based on the consideration that the parties concerned is the best source to know about the conditions of management educators in Madin Al Istiqomah. Informants in this study is the head of Al Istiqomah Madin, a secretary and an educator Madin Madin Al Istiqomah. Data collection techniques in this study are in-depth interviews, observation and document analysis, the technique authenticity of data researchers used data triangulation to check to return the degree of confidence of the information obtained. The analysis technique used is the technique of interactive analysis of data reduction, data presentation and conclusion. Based on the research results can be summarized as follows. (1) Belunm their systematic site planning, related to planning educators. (2) Recruitment and placement of teachers in Madin Al Istiqomah implemented with the family system and informal. Business only conduct deliberations to determine which individuals are eligible to become educators recruited without conducting specific tests for prospective educators. (3) The main purpose of providing compensation for educators in Madin Al Istiqomah not to attract qualified, motivated performance and build commitment, but rather as a form of appreciation and thanks from the manager to educators. (4) The process of formation of educators in Madin Al Istiqomah not maximized implemented because it has not implemented systematically, such as identifying the difficulties and the problems experienced by educators. (5) business Madin Al Istiqomah not set a fixed rule regarding discharge or dismissal of teachers, as educators criteria that must be removed or dismissed, educa} }