@thesis{thesis, author={Dr. Muhammad Munadi and Dr. Retno Wahyuningsih and Mitayani Mitayani}, title ={PENANGANAN SISWA UNDERACHIEVER DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM UNGGULAN GEDONGAN COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/524/}, abstract={Kata Kunci: Penanganan Siswa Underachiever Adanya fenomena underachiever yaitu seseorang yang berprestasi di bawah taraf kemampuannya. Apabila siswa underachiever tersebut dibiarkan begitu saja artinya perlakuan yang sama dengan siswa reguler lainnya, maka dikhawatirkan ia akan memperoleh kegagalan yang berturut-turut dalam bidang akademiknya dan memiliki rasa percaya diri yang rendah. Hal inilah yang mendorong pendidik untuk memberikan perhatian yang istimewa kepada siswa underachiever, tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penanganan siswa Underachiever di SD Muhammadiyah Gedongan Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di SD Muhammadiyah Program Unggulan Gedongan Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Subyek penelitian ini adalah guru kelas, waka kesiswaan, siswa underachiever. Sedangkan informannya yaitu kepala sekolah dan orang tua siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penanganan siswa underachiever ada 3 yaitu Program Remedial Teaching, Bimbingan Konseling, dan Partisipasi Lomba. Remedial teaching dilakukan apabila nilai belum mencapai KKM berupa lisan dan tertulis.Pelaksanaannya yaitu setelah dilakukannya evaluasi belajar, bertujuan untuk meningkatkan nilai akademis siswa underachiever; Layanan bimbingan dan konseling di SD MPU ini dalam bentuk Parents day dan POMG sebagai layanan konsultasi mengenai perkembangan anaknya. Pelaksanaannya 1 bulan 1-2x atau bahkan di akhir semester. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama guru dan orang tua bertujuan untuk membantu, memotivasi, mendorong anak underachiever agar berprestasi sesuai kemampuannya; Partisipasi Lomba disini selain untuk kegiatan fisik, yaitu untuk apresiasi prestasi non akademis. Pelaksanaan lomba ketika jeda semester untuk membangun kepercayaan diri siswa underachiever khususnya.} }