@thesis{thesis, author={Dwi Haryanto and Suyatman }, title ={PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SELO KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/568/}, abstract={Kata Kunci : Kemampuan Membaca Alqur’an, Metode An-Nahdliyah Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca Alqur’an siswa SDN 2 Selo yang masih sangat rendah karena penggunaan metode lama yang dirasa kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Metode An-Nahdliyah dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Alqur’an siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN 2 Selo pada bulan Juli-Agustus 2016. Subyek penelitian yang melakukan tindakan adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SDN 2 Selo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes lesan, dokumentasi dan observasi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 70% siswa dapat membaca Alqur’an dengan baik. sedangkan prosedur dalam penelitian ini adalah tiap siklus terdiri dari Planning, Acting, Observasing dan Reflecting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode An-Nahdliyah dapat meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an siswa kelas V SDN 2 Selo Tahun Ajaran 2016/2017.} }