@thesis{thesis, author={Himawan Puput Raharjo and Yayan Andrian}, title ={STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI IPS 1 (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 5 KARANGANYAR, JATEN, KARANGANYAR) TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/577/}, abstract={Kata Kunci : Guru PAI, Kedisiplinan, Siswa Masalah dalam penelitian ini adalah strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar yang dilihat dari strateginya meliputi memberikan pujian bagi siswa yang disiplin, sosialisasi kedisiplinan, pembinaan secara halus, memberikan hukuman bagi siswa yang tidak disiplin berupa menulis surat pernyataan sebanyak seratus kali, pembuatan jadwal tabel sholat, memberikan contoh berpenampilan yang rapi, memeriksa kelengkapan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi yang digunakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar terutama kelas XI IPS 1. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar pada bulan Oktober 2016-januari 2017. Subjek penelitian adalah guru PAI. Sedangkan informannya adalah kepala sekolah, teman sejawat guru, siswa kelas XI IPS 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dilihat keabsahannya dengan teknik triangulasi data dan triangulasi sumber. Kemudian dianalisis menggunakan analisis model interaksi dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.} }