@thesis{thesis, author={Drs. Basuki Rahardjo and Maria Ulfa}, title ={ANALISIS VISI KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/892/}, abstract={ABSTRACT This study aims to find empirical evidence of the influence of entrepreneurial vision and international marketing on marketing performance through brand orientation, innovation orientation, and marketing communication orientationOn rattan furniture entrepreneurs in the village Trangsan, Gatak, Sukoharjo. The sample in this research is taken by using data collection method called purposive sampling. The number of samples used were 50 respondents. The data obtained were analyzed by using PLS analysis technique (Partial Least Square) through SmartPLS softwere. In addition, to test the hypothesis eighth and ninth Sobel testconducted to examine the relationship intervening variables that exist in the hypothesis. The results showed that all variables in the model of entrepreneurship vision, international marketing, innovation orientation, marketing communication orientation, and marketing performance have positive and significant relationships except the brand orientation variables. The results of this study also show that the influence of mediation is done by using the formula is not significant, so the model of indirect influence of international marketing variables on marketing performance through innovation orientation and marketing communication orientation is not acceptable. Keywords: Entrepreneurship Vision, International Marketing, Marketing Performance, Partial Least Square (PLS) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh visi kewirausahaan dan pemasaran internasional terhadap kinerja pemasaran melalui orientasi merek, orientasi inovasi, dan orientasi komunikasi pemasaran pada pengusaha mebel rotan di Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode pengumpulan data yang disebut purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 50 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melaui softwere SmartPLS. Selain itu, untuk menguji hipotesis kedelapan dan kesembilan dilakukan uji sobel untuk menguji hubungan variabel intervening yang ada dalam hipotesis tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel dalam model yaitu visi kewirausahaan, pemasaran internasional, orientasi inovasi, orientasi komunikasi pemasaran, dan kinerja pemasaran memiliki hubungan yang positif dan siginifikan kecuali variabel orientasi merek. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengaruh mediasi dilakukan dengan menggunakan rumus sobel tidak signifikan, dengan demikian model pengaruh tidak langsung dari variabel pemasaran internasional terhadap kinerja pemasaran melalui orientasi inovasi dan orientasi komunikasi pemasaran tidak dapat diterima. Kata Kunci: Visi Kewirausahaan, Pemasaran Internasional, Kinerja Pemasaran, Partial Least Square (PLS)} }