@thesis{thesis, author={Asih Setyowati and M. Endy Saputro}, title ={ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDASARI KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN JASA PEGADAIAN SYARIAHUPS NGABEAN KARTASURA}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/918/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah pegadaian konvensional yang masih sangat mendominasi dibanding pegadaian syariah. Namun meskipun jumlah outlet pegadaian syariah lebih sedikit, namun setiap tahunnya mengalami kenaikan yang signifikan. Hal apa yang menyebabkan nasabah lebih memilih menggunakan pegadaian syariah yang outletnya terbatas dibanding pegadaian konvensional yang lebih banyak tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendasari keputusan nasabah dalam menggunakan jasa Pegadaian Syariah UPS Ngabean Kartasura. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah Pegadaian Syariah UPS Ngabean Kartasuradengan jumlah reponden sebanyak 100 nasabah. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan analisis faktor melalui program SPSS 24. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendasari keputusan nasabah adalah: 1) faktor harga; 2) faktor promosi; 3) faktor kualitas layanan; 4) faktor lokasi; 5) faktor alasan syariah. Kelima faktor tersebut memiliki loading factor lebih dari 0,5 dengan kumulatif presentase varian sebesar 67,728%. Artinya kelima faktor tersebut mampu menjelaskan keputusan nasabah dalam menggunakan jasa Pegadaian Syariah sebesar 67,728% sedangkan sisanya 32,272% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Faktor yang paling dominan dalam mendasari keputusan nasabah menggunakan jasa Pegadaian Syariah UPS Ngabean Kartasura adalah faktor harga dengan eigen value sebesar 6,940 dan keragaman total sebesar 31,546%. Kata kunci: keputusan pembelian, analisis faktor, faktor promosi, faktor harga, faktor lokasi, faktor kualitas pelayanan, faktor alasan syariah. ABSTRACT This research is motivated by the number of conventional pawnshops that are still very dominant than sharia pawnshops. However, although the number of shariah pawnshops outlets is less, but annually there is a significant increase. What causes customers to choose to use shariah pawnshops that are limited outlets than conventional pawnshops are more widely available.This research aims to know the influence factors customer’s decision to use service in Pegadaian Syariah UPS Ngabean Kartasura. The research population is all customer of Pegadaian Syariah UPS Ngabean Kartasura and take sample as much as 100 respondents. The research uses data primary. The research uses non probability technique sampling with accidental sampling method.The data analysis technique usesfactor analysis with SPSS 24.0. Based on the result of analysis show that the influence factors customer’s decision to use service in Pegadaian Syariah UPS Ngabean is: 1) Price; 2) Promotion; 3) Service Quality; 4) Location; 5) Syariah Aspect. The fifth factors have loading factor which bigger than 0,5 with cumulative percentage of 67,728% variance. It means that the fifth factors are able to explain the customer’s decision to use service in Sharia Pegadaian Syariah UPS Ngabean Kartasura, while the remaining 32,546% is explaining by other factor which not examined. Price is the dominant factor that influence the customer’s decision with the highest eigen value of 6,940. Price is able to exlpain the diversity total of 31,546%. Keywords: customer’s decision, factor analysis, promotion, product, service quality, price, location, syaria aspect.} }