@thesis{thesis, author={Purnadiana Annisa}, title ={TA: DESAIN KEBUTUHAN LAJUR PENYELAMATAN DAN LAJUR PENDAKIAN DI JALAN TOL CISUMDAWU}, year={2019}, url={http://eprints.itenas.ac.id/1327/}, abstract={Pada Jalan Tol Cisumdawu di Sta 2+765 dan Sta 7+785 terdapat jalan turunan yang menikung yang dikhawatirkan dapat mengakibatkan kendaraan mengalami rem blong maka dibuat lajur penyelamatan untuk dapat menghentikan kendaraan dan mencegah terjadinya kecelakaan. Lajur penyelamatan yang didesain menggunakan jenis material kerikil lepas karena material kerikil lepas dapat memberikan gesekan kepada roda kendaraan sehingga kecepatan mengalami penurunan dan lajur penyelamatan didesain menggunakan kelandaian 4% dengan panjang lajur penyelamatannya sebesar 37 meter. Pada Sta 2+772,1540 sampai Sta 4+123,63 dengan landai 6,002% mempunyai panjang landai sebesar 1118,98 meter yang panjang lajurnya melebihi panjang kritis dimana panjang kritis dengan landai 6% sebesar 500 meter maka didesain lajur pendakian. Lajur penyelamatan dan lajur pendakian didesain menggunakan standar Bina Marga,2009.} }