@thesis{thesis, author={MARWAN MUHAMMAD IRFAN}, title ={TA: IDENTIFIKASI HUBUNGAN KARAKTERISTIK WISATAWAN DENGAN LENGTH OF STAY DI KOTA BANDUNG}, year={2020}, url={http://eprints.itenas.ac.id/1396/}, abstract={Kota Bandung merupakan salah satu kota yang paling diminati banyak wisatawan di Indonesia. Bermacam-macam jenis wisata tersedia di Kota Bandung. Dalam RIPPDA disebutkan bahwa Kota Bandung memiliki kawasan strategis pariwisata yaitu wisata alam, wisata pendidikan, wisata belanja, wisata budaya, wisata budaya tradisional dan wisata konvensi dan olahraga. Jumlah kunjungan wisatawan Kota bandung setiap tahun mengalami peningkatan. Namun jumlah lama tinggal wisatawan di Kota Bandung hanya selama 2,25 hari. Hal tersebut masih terbilang kurang di bandingkan dengan lama tinggal wisatawan di Bali. Dengan beragamnya karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Maka muncul pertanyaan penelitian yaitu ?Bagaimana Hubungan Karakteristik Wisatawan dengan Length of Stay Kota Bandung?? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan karakteristik wisatawan (usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, partner berkunjung, motivasi berkunjung, dan tempat menginap) dengan length of stay di Kota Bandung. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran dimana pendekatan dilakukan dengan cara mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Hasil dari analisis tersebut adalah hubungan karakteristik wisatawan dengan Length of Stay di Kota Bandung. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran dimana pendekatan dilakukan dengan cara mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif serta menggunakan analisis crosstab. Berdasarkan hasil analisis crosstab, karakteristik wisatawan yakni partner berkunjung dan motivasi berkunjung berhubungan dengan length of stay di Kota Bandung. Pertner berkunjung ditemani bersama keluarga dan motivasi berkunjungnya adalah berwisata. Kata Kunci: Length of Stay, Karakteristik Wisatawan, Preferensi, Kawasan Strategis Pariwisata, Analisis Crosstab} }