@thesis{thesis, author={FADILLA RIANDINI}, title ={TA: IDENTIFIKASI PERGERAKAN PESERTA DIDIK SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SISTEM ZONASI SEKOLAH (STUDI KASUS: WILAYAH ZONA D KOTA BANDUNG)}, year={2020}, url={http://eprints.itenas.ac.id/1413/}, abstract={Penerimaan peserta didik baru jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2019 telah menggunakan penerapan sistem zonasi sekolah yang hadir akibat adanya pemberitaan di kalangan masyarakat mengenai keberadaan sekolah unggulan dan sekolah non-unggulan yang menyebabkan orang tua dari peserta didik merasa cemas apabila anaknya tidak terdaftar di sekolah yang memiliki julukan sebagai sekolah unggulan. Penerapan sistem zonasi memiliki tujuan untuk meningkatkan pemerataan sistem pendidikan di Indonesia dan penerapan sistem zonasi sekolah ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pergerakan peserta didik sebelum dan sesudah sistem zonasi sekolah diterapkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang terdiri dari 200 responden yaitu 100 peserta didik kelas 10 dan 100 peserta didik kelas 11. Data-data tersebut dianalisis menggunakan metode tabulasi silang (crosstab) dan tingkat capaian responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sistem zonasi sekolah, pola pergerakan peserta didik setelah sistem zonasi sekolah diterapkan sudah sesuai, dan terdapat keberagaman jenis pemilihan moda transportasi yang digunakan oleh peserta didik di Wilayah Zona D Kota Bandung. Kata Kunci : Sistem Zonasi Sekolah, Pola Pergerakan Peserta Didik, Pemilihan Moda Transportasi} }