@thesis{thesis, author={YUDHASAKTI SATRIA WIBAWA}, title ={TA: PENGARUH AKTIVITAS KOMERSIAL TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN BUAH BATU KOTA BANDUNG}, year={2021}, url={http://eprints.itenas.ac.id/1498/}, abstract={Kota Bandung memiliki fungsi sebagai kota perdagangan dan jasa yang didukung industri kreatif. Sebagai perwujudan pusat pelayanan kota yang efektif dan efisien dalam menunjang perkembangan fungsi kota tersebut perlu pengawasan fungsi dan hierarki jalan. Jalan Buah Batu merupakan salah satu jalan penghubung pusat perkotaan dengan sub pusat perkotaan yang ditetapkan menjadi kawasan komersial perdagangan dan jasa. Kondisi tersebut membuat volume kendaraan yang melintas sangat tinggi akibat keberadaan aktivitas komersial perdagangan dan jasa. Kegiatan komersial perdagangan dan jasa berpotensi menghasilkan aktivitas yang berinteraksi langsung dengan lalu lintas. Aktivitas tersebut diindikasikan menjadi pemicu kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan oleh aktivitas komersial terhadap tingkat pelayanan Jalan Buah Batu. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melakukan analisis dampak yang ditimbulkan aktivitas komersial, analisis kondisi lalu lintas, analisis tingkat pelayanan jalan, dan perbandingan kondisi eksisting dengan asumsi tanpa adanya aktivitas komersial. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa aktivitas komersial menyebabkan meningkatnya nilai VCR akibat hambatan samping dan menurunnya kecepatan rata-rata kendaraan akibat tundaan perjalanan. Kondisi tersebut menyebabkan tingkat pelayanan Jalan Buah Batu yang diasumsikan tanpa adanya komersial berada pada level B-C turun hingga pada level D-E yang menggambarkan tingkat pelayanan jalan yang buruk. Faktor utama yang menyebabkan penurunan tingkat pelayanan Jalan Buah Batu adalah tundaan perjalanan akibat aktivitas komersial. Dari tiga segmen yang diteliti, Segmen 1 dan Segmen 2 memiliki dampak yang lebih besar yang disebabkan oleh tundaan perjalanan. Sedangkan untuk Segmen 3 memiliki dampak yang paling rendah. Hal tersebut dikarenakan Segmen 1 dan Segmen 2 memiliki aktivitas komersial yang lebih padat. Kata kunci: Aktivitas Komersial, Pengaruh Aktivitas Komersial, Tingkat Pelayanan Jalan.} }