@thesis{thesis, author={Gesa Kenny}, title ={TA: EVALUASI PERENCANAAN JEMBATAN KERETA API RANGKA BAJA DOUBLE TRACK BENTANG 50 METER}, year={2021}, url={http://eprints.itenas.ac.id/1603/}, abstract={Jembatan merupakan salah satu prasarana infrastruktur yang penting dalam kehidupan manusia. Jembatan berfungsi untuk menghubungkan dua jalan yang terpisah akibat adanya rintangan seperti sungai, lembah, rel kereta api ataupun jalan raya. Material jembatan kereta api yang akan digunakan adalah material baja dengan sistem struktur rangka baja warren truss. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh desain bangunan atas jembatan kereta api rangka baja tipe WTT (Welded Through Truss) 50 m dengan menganalisis struktur terlebih dahulu terhadap model bangunan atas jembatan kereta api rangka baja tipe WTT (Welded Through Truss) 50 m yang sudah ada, sesuai kriteria perencanaan yang mengacu pada Lampiran Menteri Perhubungan No. 60 Tahun 2012 tentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api. Hasilnya dievaluasi dalam nilai rasio tegangan dan defleksi. Hasil analisis menunjukan bahwa jembatan kereta api rangka baja tipe WTT (Welded Through Truss) 50 m terdapat beberapa batang diagonal yang menghasilkan angka rasio tegangan > 1, sehingga perlu dilakukan penambahan tebal profil penampang atau juga menambahkan stiffener pada struktur jembatan. Namun demikian nilai lendutan aktual di tengah bentang sebesar 46,651 mm masih memenuhi syarat karena kurang dari lendutan ijin 50 mm.} }