@thesis{thesis, author={Rahman Ferry Abdur}, title ={TA: ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN GEOTEXTILE DI TIMBUNAN OPRIT TERHADAP GAYA LATERAL PADA ABUTMENT OVERPASS REJOSARI TOL SEMARANG BATANG}, year={2021}, url={http://eprints.itenas.ac.id/1610/}, abstract={Timbunan oprit pada overpass memberikan gaya lateral aktif pada abutment. Gaya lateral aktif tersebut harus diberikan gaya lateral pasif dengan arah yang berlawanan pada perencanaan stabilitas konstruksi abutment. Untuk mengatasinya, pada kasus ini geotextile diaplikasikan pada timbunan oprit di belakang abutment. Analisis untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan geotextile pada timbunan oprit di belakang abutment terhadap gaya lateral kestabilan abutment digunakan perangkat lunak Plaxis 2D berdasarkan metode elemen hinga. Penelitian ini dilakukan pada proyek Overpass Rejosari yang terletak pada STA 427 ? 400 Tol Semarang-Batang. Variasi perkuatan yang dilakukan antara lain variasi jarak vertikal (Sv) sebesar 0.5 m, 1.0 m, 1.5 m dan 3.0 m serta variasi panjang geotextile (L) 1H, 1.5H, 2H, 2.5H dan 3H. Nilai FK yang didapat adalah 1,946 sampai dengan 2,194. Panjang geotextile (L) lebih berpengaruh besar pada kenaikan nilai FK. Variasi geotextile kurang berpengaruh pada perubahan tekanan lateral yang terjadi di abutment. Jarak vertikal pemasangan geotextile (Sv) mempengaruhi besar tekanan aksial geotextile, yang mengakibatkan semakin besar Sv maka deformasi yang dihasilkan semakin besar.} }