@thesis{thesis, author={Parantina Made Devina}, title ={TA: KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN BUS TRANS METRO BANDUNG MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING – PARTIAL LEAST SQUARE}, year={2019}, url={http://eprints.itenas.ac.id/470/}, abstract={Sarana angkutan umum massal yang beroperasi di Kota Bandung salah satunya adalah Bus Trans Metro Bandung (TMB) koridor 3 rute Cicaheum-Sarijadi. Pelayanan Bus TMB tersebut harus memenuhi kepuasan penggunanya, tetapi saat ini kepuasan pengguna Bus TMB dirasa kurang khususnya dalam hal kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penggunanya menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis yang telah dilakukan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu waktu kedatangan bus, kebersihan interior, tempat duduk, dan jendela bus, keramahan dan kesopanan petugas dalam memberikan pelayanan, transaksi yang dilayani atau dilaksanakan dengan cepat dan tepat, dan kepedulian petugas untuk mengingatkan penumpang yang akan turun. Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen tersebut, dimensi yang signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah reliability. Kata kunci: Kepuasan Konsumen, Metode SEM-PLS, Reliability} }