@thesis{thesis, author={Alamsyah Rinaldi}, title ={TA: ANALISIS STABILIAS DAN DEFORMASI TEROWONGAN KERETA CEPAT INDONESIA DENGAN PENDEKATAN NUMERIK TIGA DIMENSI}, year={2019}, url={http://eprints.itenas.ac.id/484/}, abstract={Kondisi wilayah perkotaan yang padat dengan pemukiman, perkantoran serta tempattempat yang memiliki tingkat kegiatan yang sangat tinggi, terowongan bawah tanah merupakan salah satu solusi yang optimal untuk mendukung perencanaan infrastruktur transportasi. Salah satu terowongan kereta cepat Indonesia dibangun yang berlokasi di Halim, DKI Jakarta dengan panjang terowongan bawah tanah 1885 m, dimensi terowongan 12,8 m dan memiliki jalur ganda (Double Track Railway). Analisis geoteknik terowongan kereta cepat Indonesia dilakukan untuk mengetahui stabilitas dan deformasi terowongan pada saat pelaksanaan konstruksi dan kondisi longterm dengan analisis dinamik. Metode penggalian terowongan yang digunakan adalah metode menggunakan alat Tunneling Bore Machine (TBM) dengan sistem perkuatan linning precast dan grouting. Pemodelan yang dilakukan adalah model dengan analisis statik dengan hasil deformasi terbesar 0,03056 m dan nilai faktor keamanan 1,869, serta model dengan analisis dinamik memiliki hasil deformasi terbesar 0,01362 m dan nilai faktor keamanan 1,444. Kata kunci : terowongan, stabilitas, deformasi, faktor keamanan, TBM, metode numerik, PLAXIS 3D, linning, grouting, gempa} }