@thesis{thesis, author={Rahmansyah Aldi}, title ={Implementasi SVC Untuk Meningkatkan Kestabilan Tegangan Pada Sistem Kelistrikan Sumbawa}, year={2022}, url={http://eprints.itn.ac.id/9326/}, abstract={Kestabilan tegangan mengacu pada kemampuan sistem tenaga dalam mempertahankan tegangannya stabil pada semua bus mengalami gangguan. Sistem menjadi tidak stabil saat terjadi gangguan, karena meningkatnya kebutuhan dari daya reaktif melebihi kapasitas yang tersedia. Perangkat FACTS yang dapat mengkompensasi daya reaktif dan juga mampu menjaga tegangan bus pada tingkat yang diinginkan adalah SVC. Sistem Kelistrikan Sumbawa ini dimodelkan menggunakan perangkat lunak DIgSILENT PowerFactory, studi kasus penelitian ini yaitu Bus GI Alas 2. Analisis stabilitas tegangan menggunakan metode kurva PV, dan juga menganalisis respon tegangan kestabilan dinamik sebelum dan sesudah adanya SVC pada sistem. Dari hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan menggunakan SVC 4 Mvar, profil tegangan mengalami peningkatan. Profil tegangan bus GI Alas 2 yaitu 0,815 p.u tanpa SVC dan dengan SVC 0,98 p.u. Margin kestabilan tegangan didapatkan tanpa SVC stabil dipembebanan 7,22 MW dan dengan SVC mengalami peningkatan dengan stabil dipembebanan 17,83 MW} }