@thesis{thesis, author={Zuldhaniya Revina}, title ={STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KESEHATAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MELALUI KAMPANYE GERMAS DALAM MEWUJUDKAN EDUKASI DAN KESADARAN MASYARAKAT}, year={2021}, url={http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/11575/}, abstract={Komunikasi berelasi dengan bidang keilmuan lainnya, contohnya kesehatan. Pentingnya edukasi mengenai kesehatan sangatlah penting bagi seluruh lapisan masyarakat yang dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian yang bermanfaat dalam jangka panjang dan dari hal itu, Dinas Kesehatan DIY melakukan kampanye untuk meningkatkan edukasi dan kesadaran masyarakat. Di Penelitian ini akan mengetahui bagaimana strategi komunikasi Dinas Kesehatan melalui kampanye public relations lewat GERMAS. Germas adalah kampanye yang bertujuan untuk merubah masyarakat berperilaku hidup sehat dengan memberi edukasi dan kesadaran masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam membantu penelitian ini dilakukan wawancara mendalam, observasi mengenai fenomena di lokasi penelitian dan juga dokumentasi dari beberapa arsip untuk mendapatkan data dan dianalisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa saluran media yang digunakan dalam memaksimalkan kegiatan kampanye GERMAS, baik media elektronik, media cetak, ,media sosial, dan melalui budaya tradisional. Dinas Kesehatan DIY bekerjasama dengan beberapa mitra dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. Dinas Kesehatan DIY juga melibatkan kegiatan persuasi dengan memberi perhatian dan membangkitkan rasa ingin tahu sampai pada masyarakat memberikan respon positif dan menerapkan di kehidupan sehari-hari.} }