@thesis{thesis, author={Prakoso Dwi Cahyo}, title ={ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA PELAYANAN TERHADAP KEMANDIRIAN RUMAH SAKIT DI RSUP DR. SARDJITO}, year={2020}, url={http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/9528/}, abstract={adalah adanya keterbatasan anggaran yang tersedia dan birokrasi yang terlalu panjang dalam proses pencairan dana ataupun aturan pengelolaan keuangan yang menghambat kelancaran dalam memberikan pelayanan. Sehingga pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No 23 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum guna memberikan fleksibilitas kepada Instansi yang menjadi Badan Layanan Umum untuk dapat mengelola keuangan secara mandiri. Salah satu Badan Layanan Umum yang telah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum adalah Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja keuangan melalui Rasio Lancar (Current Ratio), Perputaran Aset Tetap (Fixed Asset Turnover) dan Imbalan Ekuitas (Return On Equity) dan Kinerja Pelayanan melalui indikator Bed Occupancy Rate (BOR), Average Length Of Stay (ALOS), Bed Turn Over (BTO), Turn Over Interval (TOI), Gross Date Rate (GDR) dan Net Date Rate (NDR) terhadap Kemandirian Rumah Sakit melalui indikator Cost Recovery Rate (CRR) dan Tingkat Kemandirian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode runtut waktu berbentuk Pengujian Hipotesis (Hipotesis Testing). Analisis data yang pada penelitian ini menggunakan Uji Korelasi Pearson (Pearson Correlation).Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan dan kinerja pelayanan memiliki korelasi terhadap kemandirian rumah sakit. Korelasi tersebut sebagian besar bernilai negatif atau berlawanan arah dengan kemandirian rumah sakit. Semakin tinggi nilai kinerja keuangan dan kinerja pelayanan, tidak menjamin meningkatnya kemandirian rumah sakit yang dinilai dari Cost Recovery Rate dan Tingkat Kemandirian.} }