@thesis{thesis, author={Mustofa Khodim}, title ={PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. UNIT BATURETNO YOGYAKARTA}, year={2016}, url={http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9606/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Baturetno Yogyakarta. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Baturetno Yogyakarta. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu sampel yang dipilih dengan kriteria tertentu. Pengujian Hipotesis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, metode analisis statistik yang terdiri dari analisis regresi linear berganda, pengujian signifikan simultan (Uji F), pengujian signifikan parsial (Uji t) dan pengujian koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kehandalan , jaminan, bukti fisik, daya tanggap, empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Baturetno Yogyakarta. Pada pengujian secara serempak (Uji F) diketahui bahwa variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pada pengujian secara parsial (Uji t) diketahui bahwa variabel kehandalan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia2 (Persero) Tbk. Unit Baturetno Yogyakarta. Melalui pengujian koefisien determinan ( Adjusted R Square ) diperoleh nilai sebesar 0,675, berarti 67,5 % faktor-faktor kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel bebas (variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) sedangkan sisanya 32,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.} }