@thesis{thesis, author={CAHYOKO Wahyu}, title ={PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QR CODE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 DERMAJI TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2021}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1004/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar dan kemandirian siswa yang disebabkan penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran QR Code terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A SD Negeri 2 Dermaji. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran QR Code terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa kelas V SD Negeri 2 Dermaji Tahun Pelajaran 2020/2021, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Adapun pengaruh yang ditimbulkan media pembelajaran QR Code terhadap hasil belajar adalah sebesar 54,80%, sedangkan 45,20% sisanya dipengaruhi variabel lain. Sementara itu, pengaruh yang ditimbulkan media pembelajaran QR Code terhadap kemandirian adalah sebesar 70,80%, sedangkan 29,20% sisanya dipengaruhi variabel lain.} }