@thesis{thesis, author={Nisa Annisa Hiyarotun}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENUMBUHAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SD NEGERI SINDANGWANGI 01}, year={2016}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/101/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa tanggung jawab siswa terhadap tugasnya dalam pembelajara kelompok yang masih rendah di kelas V SD Negeri Sindangwangi 01 Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing terhadap penumbuhan rasa tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri Sindangwangi 01 tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Sindangwangi 01 tahun pelajaran 2015/2016, teknik sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling, terpilih kelas V sebagai sampel penelitian ini. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, nilai R2 dari variabel model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing sebesar 82,4 % terhadap penumbuhan rasa tanggung jawab siswa. Rasa tanggung jawab siswa dalam pembelajaran kelompok lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran tipe kancing gemerincing, dan terbukti ada pengaruh. Hasil wawancara dengan guru kelas V yaitu; model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing efektif untuk memecahkan permasalahan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran kelompok. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing terhadap penumbuhan rasa tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri Sindangwangi 01 tahun peajaran 2015/2016.} }