@thesis{thesis, author={AMELIA Meidiana}, title ={ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI MAYANA 01 SELAMA MASA PANDEMI COVID-19}, year={2021}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1014/}, abstract={Peran orang tua di masa pandemi ini merupakan hal yang sangat penting, oleh karena itu orang tua berfungsi sebagai wadah koordinasi dengan sekolah bukan hanya penyedia fasilitas seperti handphone untuk mengakses pembelajaran secara online, tetapi juga mendampingi anak selama belajar dari rumah dan memotivasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan di rumah. Tidak mudah membangun peran orang tua dalam menggantikan interaksi guru dengan peserta didik di masa pandemi covid-19 yang sebelumnya lebih banyak diserahkan pada pihak sekolah. Salah satu contoh yang dialami wali murid di SD yang Negeri Mayana 01 merupakan sekolah dasar yang terdampak kebijakan peraturan belajar dari rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana peran orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Mayana 01 pada masa covid-19 pada kelas IV, V dan VI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sampel dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Jenisnya yaitu purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu total jumlah 35 peserta didik namun untuk penelitian ini hanya diambil 15 peserta didik sebagai subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa upaya orang tua dalam meningkatkan belajar siswa dimasa pandemi covid-19 di SD Negeri Mayana 01 adalah orang tua sebagai (1) motivator: mendorong anak untuk belajar dengan memberikan motivasi secara verbal. (2) pendidik: mengajak belajar, mendampingi anak belajar, memberikan suasana yang tenang. (3) penegak disiplin: mengingatkan untuk menyelesaikan tugas, pemberian waktu khusus belajar. (4) pengontrol: pendekatan informasi dan musyawarah dengan wali kelas.} }