@thesis{thesis, author={LINDIASARI Nur Alfi}, title ={PERAN PENDAMPINGAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI SD ISLAM TA’ALLUMULHUDA BUMAYU}, year={2021}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1020/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang peneliti temukan ketika wawancara, yaitu tentang bagaimana peran guru dan orang tua dalam mendampingi peserta didik saat pelaksanaan pembelajaran daring. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peran pendampingan guru dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19 di SD Islam Ta?allumulhuda Bumiayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran pendampingan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring sudah bagus dan berjalan dengan baik. Pembelajaran daring sudah berjalan baik dari awal pembelajaran, proses pembelajaran, pengumpulan tugas dan penilaian. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu peserta didik dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. 2) Peran orang tua selama pembelajaran daring sebagai fasilitator dan pengganti guru. Peserta didik membutuhkan bimbingan dan pendampingan dari orang tua. Kendala yang dihadapi orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring yakni dalam hal pembagian waktu, serta saran yang diberikan adalah pembelajaran daring dapat lebih efektif lagi kedepannya sehingga guru dan orang tua tetap dapat mendampingi dan mengawasi peserta didik.} }