@thesis{thesis, author={ALFIATUN Ana}, title ={ANALISIS TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI GENDER DI KELAS IVA SD ISLAM TAALLUMUL HUDA BUMIAYU}, year={2021}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1026/}, abstract={Penelitian ini di latarbelakangi oleh keluhan siswa yang mengikuti pembelajaran daring menggunakan metode pembelajaran yang monoton. hal tersebut menyebabkan penurunan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran daring ditinjau dari gender di kelas IVA SD Islam Taallumul Huda Bumiayu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan peneltiannya deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran daring di kelas IVA SD Islam Taallumul Huda Bumiayu berada pada kategori baik dengan persentase 36,36%. hasil analisis Uji independen T Test kecerdasan emosional dengan jumlah 10 responden laki-laki dan 12 responden perempuan, diketahui tingkat kecerdasan emosional laki-laki memiliki rata-rata 26,23 sedangkan siswa perempuan memiliki rata-rata 31,77. Dari uraian tersebut diketahui bahwa terdapat perbedaan tingkat kecerdasan emosional antara jenis kelamin laki-laki dan siswa jenis kelamin perempuan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini, diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan cara meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran daring.} }