@thesis{thesis, author={PRAMUDITA Tata}, title ={PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI KEGIATAN BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI BANTARKAWUNG 02 KABUPATEN BREBES PROVINSI JAWA TENGAH}, year={2021}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1064/}, abstract={Peran guru dan orang tua merupakan dua unsur yang sangat penting dalam mendampingi kegiatan belajar anak pada masa pandemi. Guru dan orang tua dapat disebut sebagai motor penggerak dalam memberikan pendidikan kepada anak. Maka dari itu peran guru dan orang tua sangat dibutuhkan dalam mendampingi anak dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak pada masa pandemi covid-19 di SD N Bantarkawung 02. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Subjek penelitian adalah 12 orang di SD Negeri Bantarkawung 02. Hasil penelitian ini adalah kerja sama antara guru dan orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak dapat membantu memaksimalkan kegiatan pendampingan. Bentuk peran guru dalam pendampingan belajar anak yaitu a) sebagai pendidik dan pengajar, b) sebagai sumber belajar dan fasilitator, c) sebagai model dan teladan, d) sebagai motivator, e) sebagai evaluator. Kemudian peran orang tua adalah a) mendampingi anak belajar, b) memberikan motivasi kepada anak, c) menyediakan fasilitas belajar, d) memberikan perhatian dan pengawasan kepada anak.} }