@thesis{thesis, author={Indriastuti Feri}, title ={PERAN GURU PENJASORKES DALAM MEMAKSIMALKAN HASIL BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)DI SEKOLAH INKLUSI :Studi Kasus di SDN 1 Tanjung}, year={2016}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/107/}, abstract={Pendidikan diperuntukkan bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga mempengaruhi hasil belajar mereka. Oleh karena itulah diperlukan peran guru untuk membantu mereka mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru Penjasorkes dalam memaksimalkan hasil belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusi SDN 1 Tanjung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa peran guru terhadap hasil belajar Penjasorkes siswa, yaitu meliputi: guru sebagai perancang pembelajaran, guru sebagai pengarah pembelajaran, guru sebagai pengelola pembelajaran, guru sebagai evaluator, guru sebagai konselor, dan guru sebagai pelaksana kurikulum. Dengan peran-peran tersebut, maka sebagian besar anak berkebutuhan khusus di SDN 1 Tanjung dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).} }