@thesis{thesis, author={PANGESTU May Dina}, title ={KESULITAN PEMBELAJARAN DARING DALAM TEMA 3 MAKANAN SEHAT SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 KARANGKEMOJING}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1119/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukannya guru yang mengalami kesulitan ketika melaksanakan pembelajaran daring tema 3 Makanan Sehat siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan, apa saja kesulitan yang dihadapi, dan upaya untuk mengatasi kesulitan pembelajaran daring tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, pembelajaran daring dalam Tema 3 Makanan Sehat Kelas V di SD Negeri 3 Karangkemojing diawali dengan tahapan membuat perencanaan pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajaran daring, evaluasi pembelajaran daring, dan tindak lanjut pembelajaran daring. Seluruh tahapan tersebut dilaksanakan sebagai upaya menciptakan pembelajaran daring yang efektif. Kedua, kesulitan pembelajaran daring yang terjadi berkaitan dengan kurang tersedianya infrastruktur, rendahnya sumber daya manusia, pembelajaran dianggap tidak menarik, penggunaan pendekatan pembelajaran berorientasi guru, penggunaan metode pembelajaran yang monoton, serta sulitnya memilih media pembelajaran yang efektif dan interaktif. Ketiga, upaya mengatasi kesulitan pembelajaran daring yang terjadi berkaitan dengan meningkatkan ketersediaan infrastruktur, meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, menciptakan pembelajaran yang menarik, penggunaan pendekatan pembelajaran berorientasi siswa, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, serta penggunaan media pembelajaran yang efektif dan interaktif.} }