@thesis{thesis, author={KHOTIMAH Lulu Husnul}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA BERDASARKAN GENDER DI SD NEGERI BANTARKAWUNG 01 BREBES}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1127/}, abstract={Pendidikan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia dikarenakan pendidikan salah satu kebutuhan manusia. Membaca merupakan salah satu bagian dari literasi dasar utama dalam keberhasilan siswa dalam belajar. Bahasa Indonesia salah satu mata pelajaran yang penting di sekolah dasar. Tujuan adanya mata pelajaran ini agar anak mampu mengkomunikasikan bahasa negaranya dengan baik dan benar secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kemampuan membaca pemahaman rendah pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui kemampuan membaca pemahaman literal pada mata pelajaran bahasa Indonesia berdasarkan gender di kelas IV SD Negeri Bantarkawung 01 Brebes. 2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan kemampuan pemahaman literal pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Bantarkawung 01 Brebes. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bantarkawung 01 Brebes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuaan membaca pemahaman literal antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Rata-rata nilai kemampuan membaca peahaman literal siswa laki-laki 46,25 dengan kategori ?Sangat Kurang? sedangkan rata-rata nilai kemampuan membaca pemahaman lietral siswa perempuan mendapatkaan nilai tertinggi 70 dengan kategori ?Cukup?. Hasil tes ditemukan informasi terdapat 3 siswa yang memiliki kemampuan membaca pemahaman literal rendah. Berdasarkan hasil wawancara hal ini di pengaruhi oleh faktor intelektual dan psikologi anak} }