@thesis{thesis, author={FAHMI Dhimas Diky}, title ={DAMPAK GAME ONLINE MOBILE LEGEND PADA KEPRIBADIAN SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Kasus Siswa Kelas 6 di Sekolah Dasar Negeri 01 Lumbir)}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1129/}, abstract={Latar belakang penelitian ini adalah Game online mobile legend menjadi salah satu budaya dan kegiatan keseharian masyarakat terutama generasi muda bahkan anak-anak di usia sekolah dasar. Anak-anak yang sering melakukan aktivitas bermain game online akan mengurangi kegiatan anak seperti belajar dan berinteraksi dengan teman sebaya, karena game berpotensi mengucilkan anak-anak dari lingkungan sosial. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui dampak game online mobile legend pada kepribadian sosial anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian diuji keabsahan data melalui metode tringulasi sumber, dan dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan Pengecekan datanya yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa Hasil penelitian dan pembahasan mengenai dampak game online mobile legend pada kepribadian sosial anak menunjukan bahwa bermain game online mobile legend mempengaruhi tingkah laku sosial anak. hasil yang di peroleh anak yang bermain game online mobile legend terdapat 9 bentuk tingkah laku sosial anak karena bermain game online mobile legend di sekolah dasar negeri 01 lumbir yaitu tingkah sosial anak pembangkangan, agresi, berselisih atau bertengkar, menggoda, persaingan, kerja sama , tingkah laku berkuasa, mementingkan diri sendiri atau egois, dan simpati.} }