@thesis{thesis, author={AMANDA Ihdya Putri}, title ={PENANAMAN NILAI- NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI USIA SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1137/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi dengan mengetahui dan menganalisis Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Usia Sekolah Dasar Di Pondok Pesantren Nurul Huda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa penanaman pendidikan karakter untuk santri usia sekolah dasar yang ada di Pondok Pesantren Nurul Huda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan subjeknya pengasuh, pengurus, dan penanggung jawab Pondok Pesantren Nurul Huda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenanaman pendidikan karakter di Pondok Pesantren Nurul Huda Pesanggrahan terdiri dari nilai ? nilai pendidikan karakter yang meliputi religius, jujur, disiplin, mandiri, nasionalis, bersahabat dan komunikatif, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Nilai karakter tersebut ditanamkan melalui peraturan yang ada di Pondok Pesantren Nurul yang meliputi nilai religius wajib melaksanakan shalat berjama?ah, nilai kejujuran dengan selalu berkata jujur, nilai kedisiplinan santri selalu berpakaian rapi dan berkopyah, nilai kemandirian santri dilarang hoshob, nilai nasionalis santri selalu menggunakan bahasa ?krama inggil?, nilai bersahabat dan komunikatif santri selalu berbahasa krama sebagai bahasa sehari ? hari, nilai peduli lingkungan santri melaksanakan piket harian, nilai tanggung jawab santri menjaga kebersihan pondok. Dari analisis penanaman nilai ? nilai pendidikan karakter santri usia sekolah dasar di Pondok Pesantren Nurul Huda yang diterapkan pada peraturan Pondok Pesantren Nurul Huda secara umum santri dapat mengikuti seluruh peraturan yang ada di Pondok Pesantren Nurul Huda dengan baik.} }