@thesis{thesis, author={KHAERUNISA Jihan Syifa}, title ={PERAN BIMBINGAN BELAJAR NURIL AMIN DAN ORANGTUA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1140/}, abstract={Peran bimbingan belajar Nuril Amin membantu orangtua siswa yang mengeluh karena belum optimal dalam membimbing dan mengarahkan, apalagi mengajari anak-anaknya dalam belajar dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Bimbingan Belajar Nuril Amin dan Orangtua Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar kelas III, IV, V, VI di Bumiayu. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan datanya dengan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran bimbingan belajar Nuril Amin dan orangtua di Bumiayu adalah memberikan motivasi kepada siswa, mendidik siswa dalam belajar, membimbing siswa dalam mengatasi kesulitan-kesulitan dalam belajar, membantu siswa untuk mendapatkan pemahaman lebih dari yang didapatkan disekolah dan membantu orang tua yang memiliki keterbatasan pemahaman dalam membimbing anak belajar. Sehingga setelah mengikuti bimbingan belajar Nuril Amin dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar di Bumiayu.} }