@thesis{thesis, author={AMALIYAH Fitri Dika}, title ={PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEKS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PAGOJENGAN 01}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1141/}, abstract={Permasalahan yang ditemukan di kelas IV SDN Pagojengan 01 yaitu siswa memiliki banyak beragam kemampuan, minat dan kebutuhan siswa dalam belajar serta rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana kelayakan perangkat ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi konteks kearifan lokal dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi konteks kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh dengan jumlah 29 siswa. Subjek validator penelitian dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru penggerak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian diperoleh (1) Perangkat ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi konteks kearifan lokal layak digunakan dilapangan dengan perolehan skor ahli media 3,08 dengan kategori sangat baik, ahli materi mendapatkan rata-rata skor dengan 3,20 kategori sangat baik, guru penggerak mendapatkan nilai 3,97 dengan kategori sangat baik. Respon siswa mendapat skor 3,44 dengan kategori sangat baik. (2) Perangkat ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi konteks kearifan lokal dinyatakan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN Pagojengan 01 dengan skor N-Gain sebesar 0,89 yang selanjutnya digeneralisasi menggunakan uji-t dengan signifkansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak.} }