@thesis{thesis, author={SARI Lisnia Septi Purtia}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BUMIAYU 02}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1144/}, abstract={Penelitian ini didasarkan rendahnya hasil belajar siswa yang rendah di kelas yang disebabkan teacher cental learning dan belum adanya pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi skala. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe animate untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi skala kelas V yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) desain model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas V SD Negeri Bumiayu 02. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa produk dinyatakan layak berdasarkan penilaian validasi ahli materi diperoleh dengan skor rata-rata 4,2 dengan kriteria penilaian ?Sangat Baik? dan ahli media dengan skor rata-rata 4,1 dengan kriteria penilaian ?Sangat Baik?, serta penilaian dari respon siswa diperoleh dengan skor rata-rata 4,1 dengan kriteria ?Sangat Baik?, sedangkan dari penilaian respon guru diperoleh dengan skor rata-rata 4,7 dengan kriteria ?Sangat Baik?. Hasil penilaian uji independent sample t test diperoleh nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti media pembelajaran interaktif menggunakan adobe animate dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan adobe animate valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa kelas V sekolah dasar.} }