@thesis{thesis, author={RANTY Sovia}, title ={PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI SD N PRUWATAN 03 TAHUN PELAJARAN 2022/2023}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1153/}, abstract={Supervisi kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap profesionalisme guru. Pendapat tersebut berdasarkan respon dari masyarakat sekitar dan para walimurid siswa yang bersekolah. Respon dari masyarakat dan wali murid selalu baik terhadap guru dan Kepala Sekolah dibuktikan dengan eksistensi sekolah selalu unggul dibandingkan dengan sekolah lain yang ada disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi profesionalisme guru di SD N Pruwatan 03 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan para guru di SD N Pruwatan 03 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dengan jumlah populasi 12 guru dan kepala sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik jenuh atau mengambil secara keseluruhan anggota populasi sebagai responden. Instrumen penelotian berupa angket dan wawancara tidak terstruktur tentang supervisi kepala sekolah dan kompetensi profesionalisme guru. validitas instrumen diuji dengan korelasi Product Moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Crobach. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi profesionalisme guru di SD N Pruwatan 03. Hasil ini dibuktikan melalui uji regresi sederhana dapat diketahui bahwa (0,463 > 0,441) jadi hipotesis nol ditolak maka dapat disimpulkan ada pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi profesionalisme guru. koefisien determinasi tersebut diubah kedalam bentuk persen untuk mengetahui seberapa persen pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi profesionalisme guru. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 21,5 % kompetensi profesionalisme guru dipengaruhi oleh supervisi kepala sekolah, sedangkan 78,5 % dipengaruhi oleh faktor lain.} }