@thesis{thesis, author={NOPIYANI Cika}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI BANTARKAWUNG 01}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1167/}, abstract={Latar belakang penelitian ini ditemukan sebagian besar siswa kelas V SD Negeri Bantarkawung 01 memiliki aktivitas belajar yang rendah, proses belajar masih belum optimal. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, jarang menggunakan media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Explicit Instruction dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA Siswa kelas V SD Negeri Bantarkawung 01. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan design Pre Experimental Design yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bantarkawung 01 Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bantarkawung 01 berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sampel t-test. Hasil penelitian diperoleh t_hitung sebesar 19,878 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka diperoleh t_tabel 2,060 sehingga t_hitung> t_tabel. Hasil uji t pada data diperoleh sig 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dengan pendekatan CTL efektif terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bantarkawung 01 Tahun Pelajaran 2022/2023.} }