@thesis{thesis, author={MURNIASIH Sunggi}, title ={DINAMIKA KEPRIBADIAN DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL TRAUMA KARYA BOY CANDRA (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1186/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dinamika kepribadian dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Trauma karya Boy Candra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi serta penunjang dengan teori dinamika kepribadian menggunakan pendekatan psikologi sastra berdasarkan teori Sigmund Freud. Data yang digunakan berupa satuan lingual, kata, frasa, dan kalimat yang mengandung dinamika kepribadian dan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik baca dan teknik catat. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat (1) analisis unsur intrinsik novel Trauma, tema utama dalah kekecewaan, alur dalam novel Trauma adalah alur maju (progresif), tokoh yang dianalisis adalah tokoh utama yakni Kimara, Ibu, Ardi Sabil, Kori Marsandi, Deni Sasindra, Raditio Rahardi, dan tokoh tambahan yakni mbak Tami, Mona, dan Kakek. Latar tempat novel Trauma terjadi di Kafe, Puncak Bukit, Perpustakaan, Rumah, mobil, dan Kedai Kopi Ruang Raung. Latar waktu terjadi pada pagi ari dan malam hari. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang Akuan-Sertaan (sudut pandang orang pertama). (2) dinamika kepribadian dalam novel Trauma karya Boy Candra yaitu naluri kehidupan, naluri kematian, kecemasan neurotik, dan kecemasan objektif. (3) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Trauma karya Boy Candra yaitu kerja keras (ada 6), mandiri (ada 2), tanggung jawab (ada 8), bersahabat/komunikatif (ada 5), cinta damai (ada 6).} }