@thesis{thesis, author={PEDRIWATI Pedriwati}, title ={VARIASI SOSIAL DALAM KOMUNIKASI PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR WAGE BUMIAYU}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1207/}, abstract={Penelitian ini bertujuan mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis (1) variasi sosial dalam komunikasi penjual dan pembeli di Pasar Wage Bumiayu, (2) faktor sosial yang mempengaruhi variasi sosial dalam komunikasi penjual dan pembeli di Pasar Wage Bumiayu, dan (3) tindak tutur dalam komunikasi penjual dan pembeli di Pasar Wage Bumiayu. Kemudian, penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan objek penelitian adalah komunikasi penjual dan pembeli di Pasar Wage Bumiayu. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, cakap, rekam, catat, baca, dan dokumentasi dengan teknik analisis data meliputi mencatat dan membandingkan data, mengelompokkan data, mendeskripsikan data, dan menarik kesimpulan. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan ditemukannya variasi sosial, faktor sosial, dan tindak tutur dalam komunikasi penjual dan pembeli di Pasar Wage Bumiayu diantaranya (1) variasi sosial dalam komunikasi penjual dan pembeli di Pasar Wage Bumiayu berasal dari bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Jawa yang tidak lepas dari dialek Banyumas, kaitannya dengan hal tersebut bahasa Jawa Ngoko sebagai variasi akrolek adalah bahasa Jawa yang paling banyak digunakan, 2) faktor sosial yang mempengaruhi variasi sosial dalam komunikasi penjual dan pembeli di Pasar Wage Bumiayu tidak lepas dari bahasa sapaan yang berbeda, perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor sosial seperti umur contohnya kata pak adalah variasi kolokial yang muncul dipengaruhi oleh umur dewasa, dan (3) tindak tutur dalam komunikasi penjual dan pembeli di Pasar Wage Bumiayu selalu mengandung maksud mempengaruhi lawan tutur agar merubah keadaan contohnya pada proses tawar menawar harga, karenanya tindak tutur yang dominan adalah tindak tutur perlokusi.} }