@thesis{thesis, author={KUMALASARI Nida}, title ={PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL TIPE OPEN-ENDED BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI TINGKAT SMA}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1228/}, abstract={Permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan instrument soal matematika tipe open-ended berbasis asesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi tingkat SMA yang valid dan praktis. Tujuan pada penelitian ini untuk mengembangkan instrument soal matematika tipe open-ended berbasis asesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi tingkat SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bantarkawung untuk mengetahui kepraktisan soal yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode riset pengembangan tipe formative research model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model yang dikembangkan oleh Tjeerd Plomp. Hasil penelitian ini adalah : (1) pengembangan instrument soal matematika tipe open-ended berbasis asesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi tingkat SMA valid baik secara konstruk, bahasa, dan isi. (2) praktis tergambar dari hasil uji coba small grup dan field test, dimana uji small grup dengan persentase kepraktisannya sebesar 85%, dan field test diperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dimana nilai rata-rata tersebut tergolong dalam kategori ?baik? dan dengan presentase kepraktisan 70% berkategori ?praktis?. Hasil rata-rata keselurhan angket memperoleh presentase 81,2%} }