@thesis{thesis, author={AMANAH Uun Husnul}, title ={PENERAPAN MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTS NEGERI 4 BREBES}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1249/}, abstract={Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil analisis data berdasarkan uji tpada paired sampe t test, H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya adanya perbedaan rata-rata antara pembelajaran konvensional (Pre test) dan pembelajaran metode montessori (Post test). (2) Berdasarkan uji N-Gain, menunjukan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa sebesar 0,44 % (sedang). Yang artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan metode montessori dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode montessori mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa MTs Negeri 4 Brebes} }