@thesis{thesis, author={FITRIA Janu}, title ={ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V SD NEGERI BENTAR 01}, year={2022}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1279/}, abstract={Pelaksanaan pembelajaran daring sebagai media penyampai materi pembelajaran antara guru dan peserta didik. Bagi guru sekolah dasar yang belum terbiasa melakukan pembelajaran secara daring, kondisi ini memunculkan ketidaksiapan persiapan dalam melaksnakan pembelajaran. Namun demikian, tidak ada pilihan, karena perubahan yang terjadi mendadak seperti saat ini sebagai akibat penyebaran Covid-19 memaksa semua orang untuk menguasai teknologi informasi digital. Pelaksanaan pembelajaran daring yang belum maksimal di sekolah, atau guru yang hanya memberikan tugas tanpa menjelaskan materi kepada siswa akan berdampak pada siswa. Terlepas dari kendala tersebut, tentunya ada manfaat dari menerapkan pembelajaran daring pada saat pandemi Covid-19. Hal ini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi dalam kurun waktu yang belum ditentukan kapan penerapan pembelajaran daring akan berakhir. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui Analisis Pelaksanaan Guru kelas V terhadap Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Bentar 01. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SD Negeri Bentar 01 sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.} }