@thesis{thesis, author={Ningrum Melati}, title ={PERSEPSI SISWA KELAS V TERHADAP PERAN GURU IDOLA DI SD NEGERI 3 KARANG KEMIRI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, year={2016}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/128/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru tidak sekedar menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa, tetapi guru senantiasa menjadi seseorang yang memiliki berbagai peran guru yang dapat diidolakan siswanya. Berdasarkan hal tersebut tujuan yang dikemukakan peneliti adalah untuk mengetahui persepsi siswa kelas V terhadap peran guru idola di SD Negeri 3 Karang Kemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian yaitu 8 siswa kelas V di SD Negeri 3 Karang Kemiri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan triangulasi teknik, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas V terhadap peran guru idola di SD Negeri 3 Karang Kemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu guru idola mempunyai peran sebagai inspirator ditunjukkan dengan guru dapat memberi inspirasi yang baik pada siswa dan menjadi contoh yang baik di luar maupun di lingkungan sekolah. Guru sebagai informator yaitu guru dapat memberi informasi terkini pada siswa dengan memberi tujuan yang akan dicapai dari materi pembelajaran. Guru sebagai motivator yaitu guru dapat mendorong siswa supaya semangat belajar dengan menunjukkan sikap ramah serta penuh pengertian. Guru sebagai fasilitator yaitu guru memberikan kemudahan belajar pada siswa, menyediakan fasilitas belajar yang menarik dan menyenangkan. Guru sebagai pembimbing yaitu guru mengenal dan memahami siswanya masing-masing dengan memberi pengarahan kepada siswa yang dibimbingnya.} }