@thesis{thesis, author={Nurochmah Rizki}, title ={PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNIKATIF-APRESIATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 01 KARANGBAWANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, year={2016}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/131/}, abstract={Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis komunikatif-apresiatif terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Negeri 01 Karangbawang Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, pengambilan datanya menggunakan test berupa soal pretest dan posttest. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, eksperimen untuk uji coba dalam penelitian ini mengarah pada Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 01 Karangbawang yang berjumlah 33 siswa, sedangkan teknik analisis menggunakan uji normalitas dan uji regresi linear sederhana Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis komunikatif-apresiatif terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Negeri 01 Karangbawang Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016, besarnya korelasi antara pembelajaran berbasis komunikatif-apresiatif terhadap keterampilan menulis puisi siswa sebesar 0,744 artinya terjadi hubungan yang sangat signifikan karena nilai tersebut mendekati 1, sedangkan besarnya pengaruh ditunjukan dengan uji regresi linear sederhana yang melihat nilai R Square sebesar 0,553 hal ini mengandung arti bahwa pembelajaran berbasis komunikatif-apresiatif terhadap keterampilan menulis puisi siswa meningkat sebesar 55,3% dan 44,7% dipengaruhi oleh faktor lain.} }