@thesis{thesis, author={UMIYATI Aufa}, title ={MAKNA MASKULINITAS DALAM IKLAN ROKOK GUDANG GARAM EDISI TERBITNYA SANG SURYA : ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES}, year={2023}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1349/}, abstract={Penelitian ini menggali tanda-tanda yang merepresentasikan maskulinitas dalam iklan rokok gudang garam Edisi Terbitnya Sang Surya. Penelitian ini menggunakan teori dominasi maskulin milik Pierre Bourdieu, teori semiotika dan teori five major codes milik Roland Barthes sebagai teori pendukung dalam analisis teksnya. Penelitian ini menggunakan teori dominasi maskulin untuk menganalisis habitus, field dan capital. Dan menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis kode denotasi, konotasi dan mitos yang didapatkan dari video iklan rokok gudang garam sebagai subjek utama penelitian dan menganalisis teks dengan membedah teks iklan menggunakan teori five major yang terdiri atas 5 bagian yakni hermeneutik, proairetik, semik, simbolik dan gnomik. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya representasi maskulinitas dalam beberapa scene pada iklan ini, iklan Rokok Gudang Garam Edisi Terbitnya Sang Surya merepresentasikan nilai maskulinitas dengan penggambaran sosok laki-laki membuktikan kemaskulinitasanya menggunakan homologi, pertaruhan field dan penggambaran kesuksesan dan kekayaan sebagai pembuktian sifat maskulin.} }