@thesis{thesis, author={Masitoh Siti}, title ={KOMPETENSI GURU DALAM PELAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI KALIERANG 03 BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, year={2016}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/135/}, abstract={SD Negeri Kalierang 03 merupakan salah satu sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di Brebes. Kompetensi guru di dalamnya menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pelayanan terhadap siswa berkebutuhan khusus. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru dalam menjalankan perannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumenter, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini pertama, kompetensi guru meliputi (1) Pedagogik, (2) Kepribadian, (3) Sosial, (4) Profesional, kedua, pelayanan siswa berkebutuhan khusus terdiri dari (1) Identifikasi, (2) Assesmen (3) Pemberian layanan pendidikan Kesimpulannya kompetensi guru sudah cukup baik karena memenuhi standar minimum kompetensi yang ada. Berdasarkan data di lapangan terdapat banyak kendala dalam guru menjalankan peranannya, diantaranya penempatan siswa berkebutuhan khusus yang masih terpisah dengan siswa normal, ketidakjelasan kurikulum serta guru yang masih jarang membuat program pembelajaran individual, guru bukan dari latar belakang pendidikan luar biasa, serta sarana dan prasarana yang belum memadai.} }