@thesis{thesis, author={NOPIANI Dinda}, title ={ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH BUMIAYU}, year={2023}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1362/}, abstract={Hasil belajar matematika dari 44 peserta didik kelas XII TBSM SMK Muhammadiyah Bumiayu yang tuntas mencapai 25 % dan siswa yang tidak tuntas 75 %, ini menandakan hasil belajar peserta didik rendah. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk membuat pelajaran matematika di sekolah lebih mudah dan membuat peserta didik lebih tertarik untuk mempelajari matematika, yang dilakukan oleh pendidik dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Proses pembelajaran matematika yang terjadi saat ini juga menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika. Sehingga gaya kognitif akan membantu guru memberi penanganan yang tepat untuk permasalahan kemampuan pemecahan masalah siswanya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar matematika ditinjau dari gaya kognitif pada peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah Bumiayu. Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif (qualitative research) dengan pendekatan studi kasus (case study). Perolehan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bahwa gaya kognitif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent memiliki nilai matematika lebih besar dan mampu menyelsaikan soal yang ada dengan muda daripada siswa yang memiliki gaya kognitif filed independent.} }