@thesis{thesis, author={RAHMAWATI Fauziah}, title ={IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG KELAS XI SMK SEMESTA BUMIAYU}, year={2023}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1374/}, abstract={Kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika terkait dunia nyata masih rendah, hal ini ditunjukan dengan hasil dari soal investigasi yang masih belum tepat. Faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan belum tepat. Model pembelajaran yang mampu memperbaiki kemampuan literasi sekaligus memperbaiki kemampuan pemecahan masalah adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Superitem pada materi Peluang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Semesta Bumiayu dengan sampel XI TLM sebagai kelas eksperimen dan XI OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol berjumlah 25siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ketuntasan rata?rata, uji ketuntasan proporsi, uji beda rata, dan uji regresi.Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa ketuntasan kemampuan literasi matematis mencapai 75 dan prosentase mencapai 75% dengan rata-rata kemampuan literasi matematis materi peluang melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Superitem mencapai 81,04 dan prosentase ketuntasan sebesar 92%. Rata-rata kemampuan literasi matematis siswa dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Superitem yaitu 81,04, lebih baik dari pada rata-rata kemampuan literasi matematis siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) yang hanya mencapai 61,65. Terdapat pengaruh positif keterampilan proses dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Superitem yaitu sebesar 70,9%. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Superitem efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi peluang.} }