@thesis{thesis, author={MEILINDA Nanik Egi}, title ={PERAN DAN STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS BERITA DI KELAS VII SMP ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU}, year={2023}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1448/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menjelaskan masalah-masalah tentang 1) peran guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks berita, dan 2) strategi komunikasi guru pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks berita, di kelas VII SMP Islam Ta?allumul Huda Bumiayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumen. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Islam Ta?allumul Huda Bumiayu. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan waka kurikulum, peran guru pada penerapan kurikulum merdeka adalah menyelenggarakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, dan memberikan ruang yang cukup bagi siswa. Selain itu, terdapat strategi komunikasi yang digunakan guru dalam pembelajaran, yaitu strategi komunikasi informatif, strategi komunikasi persuasif, strategi komunikasi instruktif/koersif, dan strategi komunikasi hubungan manusiawi. Strategi komunikasi mempengaruhi keberhasilan peran guru dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan strategi komunikasi digunakan guru dalam melaksanakan sesuatu, yang menjadi indikator maupun kriteria keberhasilan masing-masing peran. Oleh karena itu, dalam melaksanakan satu peran, guru dapat menggunakan beberapa strategi komunikasi yang berbeda. Dengan demikian, strategi komunikasi menjadi salah satu penentu atau pengukuran keberhasilan peran guru pada proses pembelajaran, selain indikator maupun kriteria peran guru.} }