@thesis{thesis, author={AYUNDA Dwi Mutia}, title ={ANALISIS PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TAHAP PENGEMBANGAN SISWA KELAS VA SD ISLAM T'ALLUMUL HUDA BUMIAYU}, year={2023}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/1517/}, abstract={Keterampilan literasi yang baik akan mempengaruhi perkembangan kemampuan berfikir setiap individu. Literasi bahasa di Indonesia masih rendah di antara negara lain. Pemerintahan Indonesia mengupayakan adanya gerakan literasi sekolah baik tingkat dasar dan menengah dalam program kegiatan GLS. Pada kegiatan GLS mempunyai tiga tahap yaitu, pembiasaan, pengembangan, dan literasi pembelajaran. Kecakapan pada tahap pengembangan GLS yaitu menyimak, membaca, berbicara, menulis, dan memilih informasi. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan program gerakan literasi sekolah tahap pengembangan siswa kelas V A di SD Islam Ta'allumul Huda Bumiayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan kegiatan GLS tahap pengembangan di kelas VA SD Islam Ta'allumul Huda Bumiayu terlaksana dengan cukup baik. Pada prinsip gerakan literasi yang dilakukan dalam kegiatan GLS telah sepenuhnya terlaksana dengan baik. Kegiatan pada tahap pengembangan seperti langkah-langkah membaca, pemilihan buku, mendiskusikan cerita, dan mencatat setelah membaca sudah terlaksana dengan baik. Pemanfaatan perpustakaan dalam kegiatan GLS tahap pengembangan siswa sudah mengetahuinya. Namun, pada pembuatan rubrik penilaian oleh wali kelas belum dilaksnakan sebagaiman mestinya.} }