@thesis{thesis, author={Rahmah Annida Awaliani}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN TIMBANGAN PLSV TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 02 BUMIAYU}, year={2017}, url={http://eprints.peradaban.ac.id/157/}, abstract={Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih rendah, hal ini ditunjukan dengan hasil dari soal investigasi yang masih belum tepat. Selain rendahnya kemampuan pemecahan masalah, siswa juga kurang terhadap kemampuan berpikir kreatif. Faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan belum tepat. Model pembelajaran yang mampu memperbaiki kemampuan berpikir kreatif sekaligus memperbaiki kemampuan pemecahan masalah adalah model Problem Based Learning (PBL) berbantuan timbangan PLSV pada materi Persamaan Linear Satu Variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 02 Bumiayu dengan sampel VII G sebagai kelas eksperimen dan VII H sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, uji beda rata, dan uji regresi. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa ketuntasan kemampuan pemecahan masalah mencapai 75 dan prosentase mencapai 75% dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah materi PLSV melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan timbangan PLSV mencapai 83,24 dan prosentase ketuntasan sebesar 88,23%. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan timbangan PLSV yaitu 83,24, lebih baik dari pada rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model ekspositori yang hanya mencapai 58,90. Terdapat pengaruh positif keterampilan proses dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan timbangan PLSV yaitu sebesar 32,2%. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan timbangan PLSV efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi persamaan linear satu variabel.} }